Kumpulan Kata Gaul dan Artinya

Kata Gaul sebenarnya menyalahi aturan bahasa yang benar tetapi sering dipakai dalam pergaulan bahkan lebih memasyarakat daripada bahasa yang sesuai dengan aturannya atau bahasa formalnya. Hal ini lah yang merusak tata bahasa. Tetapi dari sisi lain kita dapat melihatnya sebagai budaya baru yang perlu kita hormati.

Saat ini, kata kata gaul ini berkembang sangat cepat dengan bantuan media masa baik elektronik maupun media cetak. Anehnya masyarakat luas sangat mudah menerima kehadiran bahasa plesetan ini terbukti dengan begitu menjamurnya istilah alay atau kata plesetan yang dikenal di masyarakat.


kata gaul

Ciyus = Serius

Lahacia = Rahasia

Enelan = Beneran

Cipp = Sip

Mancep = Mantap

Miapah = Demi apa

Cungguh = Sungguh

Akoooh = Aku

Maacih = Terima kasih

Macama = Sama-sama

Macapah = Sama Siapa/Dengan Siapa

Binun = Bingung

Cemungudh = Semangat

Ca Oong Cih = Masa Bohong Sih

Kepo = Ingin Tahu Aja Urusan Orang

LeFo = Lelet Info (singkatan)

Baryaw = Sabar yah (singkatan)

Keyen = Keren

Gudnyus = Good news

Kiyim = Kirim

Amaca Cih = Ah Masa Sih


KEPO = kita mulai dari KEPO sobat. Apa sih Kepo itu? Kepo adalah istilah gaul dari Serba INGIN TAU atau singkatannya : Knowing Every Particular Object. Jadi jangan heran kalo sering disebut KEPO.. itu tandanya agan serba mau tau :D


GARINg = Garing itu maksudnya Jayus alias gak lucu tapi dipaksain buat terlihat lucu. Garing sendiri berasal dari bahasa SUnda yang artinya kering.


GALAU = itu kan yang sering muncul di status facebukan.. Temen ane sering nulis :"ane lagi GALAU". Terus arti galau itu apa sih? Nah buat agan yang belum tau, admin akan jelasin di sini. Jadi Galau itu sejenis perasaan ngak jelas yang timbul saat kita merasa bersalah, badmood, lagi bingung, lagi rindu sesuatu, atau sejenisnya deh. :D


ALAY = hmm.. pasti sobat pernah dengar istilah yang satu ini? yah kan...
Alay itu dapat diartikan sebagai kampungan atau Norak dan bergaya seenaknya sendiri. Alay itu singkatan dari Anak Layangan, loh..???
Apa hubungannya ANAK LAYANGAN dengan KAMPUNGAN Gan ??!
Mungkin ada beberapa diantara agan yang masih suka main layangan yang ngerasa tersinggung dengan kepanjangan dari kata Alay ini. Admin cuman bisa nyimpulin begini gan, :
ALay = Anak Layangan = kulitnya item, dekil, rambutnya merah, bau matahari = Orang Kampung,
jadi Alay = Anak Kampung.. :D


PERES = Loh, apa sih peres itu? peres itu kalo menurut primbon gaul artinya Palsu alias Bohong .


WOLES = Woles ini sering banget muncul di tweet anak gaul. Lantas apa sih arti dari WOLES ??
Kata WOLES tadi kalo dibaca terbalik jadi SELOW , jadi kalo kita translate ke english dengan pengucapan yang bukan keluar dari lidah org kampung kan jadi dibacanya SLOW .. :D


PERTAMAX  = nah, yang satu ini paling sering ane denger gan.. Apalagi di forum terbesar indonesia, KASKUS.
Para kaskusers sejati yang setia ama kaskus pasti tau apa sih istilah PERTAMAX. jadi begini sob, awal mulanya kata pertamax di kaskus tuh nulisnya PertamaX alias PERTAMA KALI , jadi tiap ada threat baru otomatis orang yang komen pertama tuh jadinya komen PERTAMA KALI alias PERTAMA x cuman seriring berjalannya waktu , berubah deh jadi PERTAMAX gan..

KAMSEUPAY  = Kamseupay loh.. #heheh.. tau gak istilah ini?? pastinya sering denger kan..?

Nah, berdasarkan hasil penelusuran dari mbah google, Kata Kamseupay itu berasal dari tahun 70-an. Lalu menjadi terkenal lagi akhir akhir ini berkat Marissa Haque yang menyebutkan kata ini di blognya.

Ehm..Kamseupay itu singkatan dari KAMpungan SEUkali PAYah..

MAHO = Maho itu sih kepanjangan dari MAhluk Homo yang pada awalnya berasal dari  sebuah emote di forum KASKUS. Kata ini sering dipake temen admin, "Ah..lu MAHO sih..!".

Itulah beberapa contoh kumpulan kata gaul yang telah membumi.


terkait dengan Kumpulan Kata Gaul dan Artinya :